Sunday, October 14, 2012

Definisi

MENGENAL  IT & KOMPUTER
a)      Sekilas Tentang Teknologi Komputer
Manusia adalah makhluk sosial. Disamaping sandang, pangan, dan papan sebagai kebutuhan utama, manusia juga butuh berkomunikasi dengan sesamanya untuk berhubungan satu dengan yang lain. Manusia menciptakan sistem serta alat untuk dapat saling berhubungan, mulai dari melukis bentuk atau mengambar didinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, mengambar kata-kata sehinggah menjadi kalimat, membuat tulisan menjadi surat hingga buku, sampai menciptakan telpon hingga teknologi internet. Alat yang diciptakan manusia tersebut kemidian dikenal dengan nama Teknologi Informasi, kemudian lebih dikenal singkatan IT (Ai Ti) singkatan dari Information Technology.  


 
b)     Sejarah Teknologi Informasi
1.      Masa Prasejarah (....s/d 3000 SM)
pada awalnya teknologi yang dikembangkan manusia berfungsi sebagai sistem untuk mengenal bentuk-bentuk yang ada disekitar. Mereka mengambarkan informasi yang mereka dapat pada dinding-dinding gua, tentang cara berburu dan binatang buruanya.  Hal itu mereka lakukan karena kemampuan mereka dalam berbahasa masih terbatas pada suara dengus dan isyarat tangan, yang merupakan bentuk awal komunikasi manusia pada masa itu. Perkembangan selanjutnya adalah dengan diciptakan dan digunakanya alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi dan isyarata, seperti gendang, terompet yang terbuat dari tanduk binatang, isyarat asap sebagai alat pemberi peringatan adanya bahaya, dan lain-lain. Bahkan hingga masa sejarahpun kita masih mendengar bahwa suku-suku terasing tesebut masih melakukan kebiasaan nenek moyang mereka.
2.      Masa Sejarah (3000 SM s/d 1400-an M)
3000 SM, utuk pertama kali tulisan digunakan oleh bangsa Sumeria dengan mengunakan simbol-simbol yang dibentuk dari piktograf sebagai huruf. Simbol atau huruf-huruf ini juga mempunyai bentuk bunyi yang berbeda (penyebutan) sehingga mampu menjadi kata, kalimat dan bahasa.
2900 SM, penggunaan huruf hieroglif pada bangsa mesir kuno. Hieroglif merupakan bahasa simbol dimana setiap ungkapan diwakili oleh simbol yang berbeda, yang ketika digabungkan menjadi satu akan mempunyai cara pengucapan dan arti yang berbeda. Bentuk tulisan dan bahasa Hieroglif ini lebih maju dibanding tulisan bangsa sumeria .
500 SM,serat papirus digunakan sebagai kertas.kertas yang terbuat dari serat pohon papirus yang tumbuh disekitar sungai nil ini menjadi media untuk menulis atau media informasi yang lebih kuat dan fleksibel.
150 M,bangsa cina menemukan kertas.kertas yang ditemukan oleh bangsa cina pada masa ini adalah kertas yang kita kenal sekarang.kertas ini dibuat dari serat bambu yang dihaluskan ,disaring,dicuci dan kemudian diratakan dan dikeringkan.penemuan ini juga memungkinkan sistem pencetakan yang dilakukan dengan menggunkan blok kayu yang ditoreh dan dilumuri dengan tinta atau yang kita kenal sekarang dengan sistem cap.
3.      Masa modern (1400-an M s/d sekarang)
      Tahun 1455, mesin cetak yang digunakan oleh plat huruf  yang terbuat dari besi yang bisa diganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu dikembangkan untuk pertama kalinya oleh Johanes Gutenberg.
      Tahun 1830, Augusta Lady Byron menulis program komputer yang pertma didunia dengan bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan mesin analytical. Mesin ini didesain untuk mampu memasukan data,mengolah data dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama walaupun cara kerjanya lebih bersifat ENIAC1 dibentuk.
      Tahun 1837, samuel morse mengembangkan telegraf dan bahasa kode morse bersama Sir William cook dan sir charles wheatstone. Pesan dikirim secara elektronik anatara dua tempat yang berjauhan melalui kabel yang menghubungkan kedua tempat. Pengiriman dan penerimaan informasi ini mampu melakukan pada saat yang hampir bersamaan waktunya. Penemuan memungkinkan teknologi informasi dipergunakan secara luas oleh masyarakat tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu.
      Tahun 1861, gambar bergerak yang diproyeksikan kedalam sebuah layar pertama kali digunakan .(cikal bakal film sekarang)
      Tahun 1876, Melvyl Dewey menggembangkan sistem penulisan desimal.
      Tahun 1877,Alexsander Graham Bell menciptakan dan menggembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Fotografi dengan kecepatan tinggi ditemukan oleh Edward Maybridge.
      Tahun 1899, sistem penyimpanan dalam pita magnetis pertama.
      Tahun 1923, Zvorkyn menciptakan tabung TV yang pertama .
      Tahun 1940,dimulainya pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi pada masa perang dunia ke II yang dipergunakan untuk kepentingan pengiriman dan penerimaan dokumen – dokumen militer yang disimpan dalam bentuk magnetic tape.
      Tahun 1945,vannevar bush mengembangkan sistem pengodean menggunakan hiperteks.
      Tahun 1948,para peneliti di bell telephone mengembangkan transistor.
      Tahun 1957,jean hoemi mengembangkan transistor  planar,teknologi ini memungkinkan pengembangan jutaan bahkan milyaran transistor yang dimasukan kedalam sebuah keping kecil kristal silikon.
USSR (rusia pada saat itu) meluncurkan sputnik sebagai satelit bumi pertama yang bertugas sebagai mata-mata. Sebagai balasannya amerika membentuk advance research projects agency ( ARPA) dibawah kewenangan amerika.
      Tahun 1962, rand paul barand, dari perusahaan RAND, ditugaskan untuk mengembangkan sistem jaringan terdesentralisasi yang mampu mengendalikan sistem pemboman dan peluncuran peluru kendali dalam perang nuklir.
      Tahun 1969,  sistem jaringan pertama di bentuk dengan menghubungkan 4 node (titik) antara University of Carlifornia, SRI (stanford) University California of santa barbara, dan university of utah dengan kekuatan 50 Kbps.
      Tahun 1972, ray tomlinson menciptakan program email yg pertama.
      Tahun 1973-1990, istilah internet diperkenalkan dalam sebuah paper mengenai TCP/IP yang kemudian diikuti dengan pengembangan sebuah protokol jaringan yang kemudian dikenal dengan nama TCP/IP oleh grup dari DARPA.
Tahun 1991-1995, sistem bisnis dalam bidang IT pertama kali terjadi ketika CERN memungut bayaran dari para anggotanya untuk menanggulangi biaya operasionalnya.
      Tahun 1992, pembentukkan komunitas internet. CERN memperkenalkan istilah World Wide Web. Komputer-komputer yang telah terkoneksi dalam jaringan internet sudah lebih dari 1.000.000. penyebaran informasi mulai melibatkan warga sipil.
Tahun 1993, NSF membentuk InterNIC untuk menyediakan jasa pelayanan internet yang menyangkut direktori dan penyimpanan data serta Database (oleh AT&T).
Tahun 1994, pertumbuhan internet melaju dengan sangat cepat dan mulai merambah ke segala segi kehidupan manusia dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Perusahaan-perusahan besar mulai memanfaatkan media web sebagai iklan produk dan jasa mereka. Perusahaan online mulai tumbuh, misalnya yahoo.
Tahun 1995, perusahaan umum mulai diperkenankan menjadi provider dengan membeli jaringan di backbone. Langkah ini mendandai dimulai nya pengembangaan teknologi informasi, kususnya internet,dan berbagai penelitian dilakukan untuk mengembangkan sistem dan alat yang lebih canggih. Microsoft meluncurkan window 95, mainstream pertama untuk sistem operasi  32-bit. Penggunaan PC diberi kemudahan untuk bekerja dengan komputer dikantor dan dengan mudah pula terhubung dengan jaringan komputer global (internet) didunia.
Tahun 1996-2005, penemuan dan pengembangan perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software) sangat luar biasa. Pertumbuhan ini mempengaruhi pasar penjualan komputer PC maupun server. Perusahaan besar pembuat prosesor (seperti intel, AMD, Cryix, Transmete) berlomba-lomba mengeluarkan produk yang lebih baik tiap tahunya.
4.       Sejarah Komputer
1)        Awal komputer
Komputer berasal dari bahasa latin, computare, yang berarti menghitung (to compute), karena pada awal pembuatanya komputer pertama di rancang dan digunakan untuk keperluan penghitungan. Inspirasinya di ambil dari alat hitung tertua, yaitu abaccus yang lebih dikenal dengan sipoa yang berasal dari cina.

2)        Komputer elektronik
Howard G. Aiken, seorang dokter dari Harvard University bekerjasama dengan IMB (Internasional Bussiness Machine) berhasil membuat mesin yang bekerja dengan tenaga elektromekanik yang diberi nama Harvard Mark-1. Komputer generasi pertama ini berat totalnya sekitar 5 ton dengan kemampuan membuat kalkulasi angka 23 digit selama 6 detik. Komputer – komputer penciptaan awal kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann. Konsep arsitekturnya adalah pembagian komputer menjadi 2 yakni, memory dan processor dimana data terletak di memori dan prosesor yang memanipulasi data. arsitektur ini menggambarkan komputer dengan 3 bagian utama CPU, ALU, dan Control Unit, Memory, Input Device dan Output Device ( yang di hubungkan melalui I/O Port). Antar bagian ini di hubungkan oleh sistem yang di sebut BUS. Seorang asli fisika bernama John V. Atanasoft bekerjasama dengan Clifford Berry dihargai karena menciptakan komputer elektronik digital pertama. Atanasoft-berry Computer merupakan komputer yang pertama kali menggunakan teknik switching digital modem dan juga tabung hampa tanpa switch. Komputer ini memperkenalkan konsep aritmatika biner dan sirkuit logika.
Pada Tahun 1943, ENIAC (Elektronic Numerical Integrator  And Computer) diperkenalkan sebagai komputer full electronic pertama yang didesain turing-complete (mesin yang memenuhi syarat), mampu diprogram ulang dengan mengatur ulang kabelnya agar dapat menyelesaikan segala jenis perhitungan.
ENIAC dikembangkan dan di bangun oleh US ARMY untuk laboratorium penelittian persenjataan mereka dengan tujuan untuk menghitung tabel tembakan senjata. Ide tentang ENIAC di pikirkan dan di desain oleh J. Presper Eckert dan John William Mauchly dari universitas Pennsylvania. Komputer tersebut mulai di bangun pada tanggal 17 mei 1943 sbagai proyek PX dan di bangun Moore School Of Electrical Enginering sejak pertengahan 1994 dan di operasikan secara resmi sejak februari 1946 setelah menelan biaya sebesar $500.000.
ENIAC bukianlah komputer yang canggih. Tidak seperti Z3 buatan Konrad Zuse dan MARK-1 buatan Howard G. Aiken, ENIAC harus diatur ulang kabelnya untuk menjalankan program baru.
3)        Lahirnya Komputer PC
Pada tahun 1973 beberapa mikro komputer kit pertama dengan chip 8008 dikembangkan pada akhir tahun itu intel di perkenalkan chip 8080 yang 10 kali lebih cepat di bandingkan 8008 dan memiliki memori sebesar 64 kb.
Pada tahun 1975 MITS (Microinstrumentation & Telemetry Systems) Albuquerque, New mexico USA memperkenalkan Altair Kit melalui majalah popular elektronic terbitan januari 1975. Altar Kit ini kemudian di anggap sebagai PC pertama di dunia
Komputer ini belum memiliki keyboard, layar ataupun printer. Yang ada hanya switch yang dapat digunakan untuk memasukkan bilangan biner dan LED yang menyala untuk menunjukkan outputnya.
IMB memperkenalkan  apa yang disebut dengan personal komputer pada tahun 1975. Model 5100 yang memiliki memory 16 kb, built-in display 16 baris dengan 64 karakter, built-in BASIC interpreter dab DC-300 Cartridge tape drive untuk tempat penyimpanan. Penggunaan PC ini makin meluas ketika  Bill gates dan Paul Allen dari microsoft berhasil mengembangkan sistem operasi dari bahasa BASIC dengan tampilan grafis dan berhasil menjualnya untuk komputer personal IMB maupun produk PC dari Vendor lain.
Pada tahun 1976 Apple Computer memperkenalkan Aplle 1. Sisitem ini terdiri dari sebuah sirkuit motherboard yang di pasang apda sepotong plywood. Casing dan power supply belum termasuk. Apple II yang diberi nama “Lisa” seperti nama putri Steve Jobs, diperkenalkan pada tahun 1977, membantu penetapan standar yang di akui oleh semua micro computer penting setelah masa itu, termasuk IMB PC.
Macintosh adalah produk pengembangan dari komputer Apple yang merupakan salah satu jenis PC berbasis PowerPC yang di produksi oleh Apple computer. Micontosh di luncurkan pada januari 1984 dengan sebuah iklan Superbowl yang sangat terkenal.
Mac merupakan komputer pertama yang mempopulerkan grafhicd user interface (GUI, antarmuka pengguna grafis) yang pada waktu itu merupakan sebuah perkembangan revplusioner dalam dunia komputer desktop. Desain Macintosh inilah yang ditiru oleh Bill Gate dalam suatu kesempatan kunjungan keperusahaan Apple atas undangan Steve Jobs sendiri yang ingin memamerkan produk unggulanya.
4)        Perkembangan Industri PC
pada tanggal 12 agustus 1981 dibuat standar baru dalam industri Micro Computer (debut dari IMB PC). Komputer PC-compatible, meningkat dari sistem berbasis prosessor 8080 4,77MHz ke prosessor pentium 4 dan Itanium dengan kecepatan hingga 3 GHz. Itu berarti lebih cepat 15.000 kali dari IMB PC orisinil dalam hal processing speed1 aktual dan bukan clock speed2 pada tahun 2007 intel berharap dapat merilis prosessor dengan 1 milyar transistor yang berjalan pada kecepatan 20 GHz. PC lama hanya memiliki 1 atau 2 Floppy drive single-slide yang mampu menyimpan data 160 kb. Sistem modern sudah memiliki media penyimpanan hingga 200 GB dalam 1 Hardisk.

Definisi Komputer
Menurut Blismer (1985), komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakuakan berbagai tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang di berikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya serta menyediakan input dalam bentuk informasi.
Menurut Sanders (1985), komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data dengen cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya, dan menghasilkan output berdasarkan instruksi-instruksi yang tersimpan didalam memori.
Jadi kesimpulannya komputer adalah sekumpulan alat logik yang dapat menerima data, mengolah data, dan menyimpan data dengan mengggunakan program yang terdapat pada memori sistem komputer kemudian memberikan hasil pengolahan tersebut dalam bentuk output.
Sistem Komputer
            Sebuah komputer dapat bekerja dengan menggunakan tiga hal utama, yaitu :
1.      Hardware (Perangkat keras)
2.      Software (Perangkat lunak)
3.      Brainware (Pengguna)
Perangkat Keras
            Perangkat keras pada sistem komputer terbagi atas 3 bagian utama :
1.      Input unit
Merupakan bagian dari perangkat keras yang berfungsi sebagai alat untuk memasukkan data dalam komputer. perangkat input unit antara lain :
1.      Keyboard
2.      Mouse
3.      Camera digital
4.      Camera video
5.      Scanner
6.      Camera CCTV
7.      Barcode scanner
8.      Web camera
9.      Monitor touch screen
10.  Optical mark reader
11.  CD-ROM drive
12.  Digital mark reader
13.  DVD-ROM drive
14.  Digital card reader
15.  Joystick
16.  Fingerscan
17.  Microphone
18.  Retinal scan (biometric)
19.  3D touch proble scanner
20.  3D laser scanner
21.  Intellegent character recognition (ICR)
22.  CT-scan (computed temography)
23.  MRI-scanner (magnetic resonance imaging).
2.      Processing unit
Disebut juga CPU (central processing unit) yang merupakan jantung dari komputer. CPU melakukan pekerjaan utama seperti proses, perhitungan, logika, kontrol, pengaturan hubungan kinerja antar komponen serta mengalokasikan tempat penyimpanan sementara maupun permanen.
Perangkat utamanya berupa prosesor dan chipset yang biasanya terdapat pada motherboard.saat ini kebanyakan pengguna, terutama orang indonesia , menyebut CPU adalah casing komputer yang didalamnya sudah termasuk motherboard yang tediri dari sirkuit-sirkuit elektronik, RAM, VGA, network adapter, harddisk, floppy drive, CD-ROM .dll
Secara umum CPU mempunyai 3 komponen utama :
1.      Aritmatic & Logical Unit (ALU)
Tugas utama ALU adalah melakukan perhitungan yang bersifat aritmatik serta melakukan keputusan dari operasi logika dan manipuasi bit sesuai dengan instruksi program.
2.      Control Unit
Berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua peralatan yang ada pada sistim computer serta mengatur kapan alat input menerima data dan kapan alat output menampilkannya dimonitor (Instruction Cycle).
3.      Main Memory (Main Storage)
Merupakan tempat atau media yang digunakan untuk menyimpan data yang akan atau yang sedang diolah oleh sistem komputer.
Main Memory dapat dibagi atas dua bagian :
a.       Rom (Read Only Memory)
Merupakan memory permanen yang terdapat pada sistem komputer Rom terdiri dari program pokok untuk konfigurasi sitem komputer seperti BIOS, BASIC dan BootStrap Loader.
b.      Ram (Random Access Memory)
Merupakan memory sementara dan apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang.
3     Output Unit
       Merupakan prangkat keras yang berfungsi menyajikan output dari proses yang sedang bekerja pada komputer. Bentuk dari peralatan output antara lain :
1.    Monitor
2.    Printer
3.    Projector
4.    Speaker
5.    Plotter
6.    Dll.
Perangkat Lunak
Perangkat lunak berfungi sebagai pengatur aktivitas kerja dan semua instruksi yang mengarah pada sistem komputer. Secara umum perangkat lunak dibagi atas:
1.         Operating system software dan
2.         Application software
Perangkat lunak sistem operasi
     Operating system software merupakan prangkat lunak yang berfungsi untuk mengonfigurasi komputer agar dapat menerima berbagai perintah dasar yang diberikan sebagai masukan.
Contoh:
1.      MS-DOS
2.      LINUX
3.      UNIX
4.      FREE BSD
5.      OS/2
6.      SUN OS(JAVA)
7.      WINDOWS
8.      MACINTOSH
9.      NOVELL
10.  Dll
Perangkat Lunak Aplikasi
Merupakan siap pakai yang digunakan untuk aplikasi dibidang tertentu. Aplikasi ini dibagi atas beberapa bidang:
1.      Business & Office Aplication
Aplikasi perkantoran digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Seperti mengetik, membuat database,dll.
Contoh aplikasi perkantoran yang terpaket komplik:
a.       Microsoft Office
b.      Koffice
c.       StarOffice
d.      Abiword
e.       Open Office
f.       MS-Office for MAC, dll
     Aplikasi bisnis lainnya juga meliputi aplikasi pengolah data keuangan (misal. Personal Finance Application & Business Accounting Application).
Contoh:
a.       Aplikasi perhitungan neraca, rugi laba perusahaan,
b.      Aplikasi perhitungan pajak personal & perusahaan
c.       Aplikasi manajemen proyek
d.      Aplikasi persediaan stok barang dan penjualan
e.       Aplikasi pelayanan loket & kredit nasabah bank
f.       Aplikasi pemesanan tiket pesawat/kapal laut, dll.
2.      DataBase Application
     Aplikasi yang digunakan dalam pengolahan data baik yang berukuran kecil maupun besar bisa digunakan secara stand-alone(tunggal) maupun dalam sistem berbasis jaringan lokal client server maupun webbase.
Contoh:
a.       MS SQL
b.      FoxBase
c.       Oracle
d.      MySQL
e.       PostgresSQL
f.       SQL Server, dll.
3.      Graphic Design
Aplikasi yang digunakan untuk  membuat sketsa dua dimensi untuk desain ruangan, perabotan, mesin-mesin model industri, juga model tubuh manusia.
Contoh:
a.       AutoCad
b.      Pro Design
c.       CorelDraw
d.      Adobe Ilustrator, dll.
      Ada juga yang memasukan dalam golongan image, audio, video manipulator yaitu aplikasi yang digunakan untuk mengolah citra, suara hingga gambar 3 dimensi untuk pembuatan animasi, pengolahan image, photo, audio video editing, dll.
Informasi tentang aplikasi yang lebih detail dapat anda baca pada buku teknologi informasi untuk bisnis tulisan M. Suyanto yang diterbitkan Andi Offset, 2005.
Contoh:
a.       Adobe photoshop, After Effect, Premiere & Audition
b.      Corel draw, Corel Rave, Corel Photo Paint
c.       Ulead Media Studio
d.      GIMP (in Linux)
e.       Cool Edit Pro, Sound Force
f.       Macromedia Flash, director
g.      3D Studio Max, Maya, dll.
4.      Antivirus & Utility Tools
Software ini digunakan untuk operasi minor (background) yang bekerja di belakang sistem, berguna untuk meningkatkan kinerja sistem operasi atau aplikasi dan juga perfom hard ware.
Terdapat dua jenis utilitas didalam sistem operasi :
a.       Utilasi Internal, sudah termasuk dalam paket yang diistalasi dalam sistem operasi seperti scandisk di windows atau perintah FSCK (file system check) di Operasi Sistem Linux, dan
b.      Ultilitas eksternal, yang harus diinstalasi kemudian pada opersi sistem seperti system optimizer, PC Tools, Data/File Recovery, PC maintenance, internet utilities, Norton system Work, Registry Clean dan Repair, Hardware Repair.
Sementara untuk proteksi virus atau antivirus, contohnya adlah antivirus produkMc Affee, Grisoft, Norton, PandaSoft, dll.
5.      Development Tools
Merupakan sistem bahasa pemrograman komputer yang dilengkapi dengan compiler tertetu sebagai sumber media penyusunan program aplikasi.

Contohnya :
a.       QuickBasic
b.      Clipper
c.       VisualBasic
d.      Turbo Pascal
e.       Visual C++
f.       Turbo Assembler
g.      GCC
h.      Phyton
i.        KDEvelopt
j.        Gdekstop, dll.
6.      Comunication Application.
Aplikai yang digunakan untuk membangun komunikasi antara satu komputer dengan komputer lain dalam jaringan komputer lokal maupun global.
Contoh :
a.       email & fak appl
b.      Remote Access
c.       YM, ICQ, MSN.
d.      Terminal Emulation
e.       Instant Messaging
f.       Voice Recognition
g.      Web browser
h.      Internet Telephony, dll.
7.      Jenis Aplikasi Lain
a.       Multimedia Player, seperti winamp, XMMS, windows media players, dll.
b.      Hacker Tools, seperti Find Password, scanning port, dll.
c.       Network & Security Aplications, seperti Firewall, Intruder, network monitoring, dll.
d.      PC Game Applications, dan masih banyak lagi.
Sumber Daya Manusia
       Aspek barainware merupakan penggolongan manusia sebagai subyek yang menangani sistem komputer. Ada beberapa profesi dalam dunia IT saat ini, di antaranya :
1.      CEO: Chief Excecutive Officer – Orang yang paling bertanggung jawab atas pengembangan sistem dan IT pada sebuah perusahaan.
2.      Operator: orang yang menangani secara langsung pengolahan data komputer.
3.      programmer: orang yang mentusun instruksi/program pada komputer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, umumnya PC lokal maupun LAN.
4.      System Analyst: Orang yang menganalisis, merancang bentuk dan mengembangkan sistem serta membangun fasilitas komputer.
5.      Network Analyst: Orang yang merencanakan/merancang sebuah topologi jaringan komputer, baik internet maupun internet.
   HARDWARE
     Michael Dell adalah pendiri dari Dell computer yang saat ini menjadi vendor PC top di dunia, konon dia memulai bisnisnya ketika masih mahasiswa. Dia merakit komputernya sendiri dan mencari komponen – komponen yang terbaik, pada saat itu komponen-komponen yang tersedia tidak lah sebaik sekarang, pembuat komponen sering memakai standar sendiri-sendiri sehingga sulit untuk mendapatkan komponen-komponen yang kompatibel satu dengan yang lain.
     Sekarang kondisinya jauh lebih baik dan setiap komponen didesain sesuai standar yang berlaku di industry computer. Terlebih sejak system operasi windows95 memperkenalkan konsep Plug ‘n Play yang dimaksud adalah bahwa kita tinggal pasang dan system operasi akan menyesuaikan secara otomatis dengan driver yang bersangkutan.
1.      KOMPONEN PC
     Bila anda ingin merakit komputer, perangkat minimal harus ada dan anda perlu anda persiapkan adalah :
a.      Casing dan Powersupply
b.      Motherboard
c.       Prosesor
d.      Memori (RAM)
e.      Video Grafik Card (VGA)
f.        Hard Disk (HDD)
g.      Floppy Disk Drive (FDD)
h.      CD-ROM/DVD-ROM drive
i.        Monitor
j.        Keyboard
k.       Mouse
l.        Kabel data HDD, FDD, dan CD-ROM Driver
m.    Kabel power ke Power Supply dan Monitor
n.      Driver Motherboard, VGA
o.      Cd, DVD atau file system oprasi yang ingin ada gunakan
p.      Obeng +  (Phillips) ukuran sedang
 Dan ada juga alat-alat yang di pasang ke komputer antara lain :
a.      Scanner
b.      Printer
c.       Joystick (Game Pad)
d.      Web Camera, dll.

2. Peranti Multimedia
a.      CD ROM (RW)
b.      DVD ROM (RW)
c.       Sound Card
d.      Microphone
e.      Speaker aktif
f.        TV/FM Tunner
g.      Camera digital
h.      Web camera
3. Peranti Network
a.      Modem
b.      Network Adapter/NIC (Network Interface Card)
c.       Wireless Card (802,11b/g)
4. Peranti Power Supply Stabilizer
a.      UPS (Un-interupt Power System), atau
b.      Stabilizer
 2 CASSING
     Casing merupakan tempat dari komponen-komponen yang akan kita rakit, Casing terdiri dari bermacam-macam bentuk antara lain :
a.      Casing Tower
b.      Casing Desktop
c.       Casing Slim
d.      Large Server
e.      Rackmount
 3. POWER SUPPLY
     Power supply merupakan sumber energy untuk sebuah komputer agar dapat beroperasi, Power supply mengubah arus dari AC 110 volt 60Hz atau 220 volt 50 Hz menjadi DC +3,3 volt, +5 volt dan +12 volt.
       Power supply harus membawa suplai listrik DC yang baik dan stabil sehingga sistem beroprasi dengan baik.
 4. SINYAL POWER_GOOD
     Power supply akan menjalankan sitem bila tenaga listriknya baik, jika tes tersebut berjalan dengan baik power supply akan mengirimkan tanda khusus pada motherboard yang disebut Power_Good, tanda power_Good kadang_kadang disebut Power_ok atau PWR_OK.

 5. FROM FACTOR POWER SUPPLY
     From Factor adalah bentuk dan layout fisik secara umum dari sebuah komponen.
pada pasar PC, IMB secara orisinal menetapkan suatu standard an orang-orang lain menirunya, termasuk juga power supply . semua from factor power supply PC sampai tahun 1995 didasarkan atas satu sampai tiga model IBM, meliputi PC/XT, AT dan PS/2 Model 30. Intel memberikan ketentuan baru pada power supply pada tahun 1995, yakni dengan memperkenalkan form factor ATX. ATX menjadi Terkenal di tahun 1996 dan mulai meninggalkan standar sebelumnya yang berbasis IBM.
a.      Model PC/XT. Sistem PC dan XT IBM (cirea 1981 dan 1983) menggunakan form factor PS yang sama.
b.      Model AT/Dask. Sistem desktop AT yang dierkenalkan IBM pada Agustus 1984 mempunyai PS yang lebih besar dan from factor yang berbeda dengan PC/XT.
c.       Model AT/Tower. Konfigurasi AT/Tower pada dasarnya adalah sistem desktop model AT full-sized.
d.      Model Baby-AT. Merupakan versi pendek dari drom factor AT full-sized.
e.      Model LPX. Kadang-kadang disebut juga Slimeline, Slim-Type atau PS/2.
f.        Model ATX. Standar industi PS saat ini. Bentuk PS ATX Berdasarkan desain LPX.
g.      Model NLX.  Salah satu model PS yang dikembangkan Intel, menentukan desain motherboard dan casing yang low-profile dengan berbagai atribut yang sama dengan ATX.
h.      Model STX. Form factor motherboard Micro-ATX yang dirilis Intel pada Desember 1997 disertai dengan PS SFX baru yang lebih kecil. Namun demikian kebanyakan casing micro-ATX menggunakan PS ATX standar.
 6. KONEKTOR POWER SUPPLY AT
     Motherboard PC, XT, AT, Baby-AT dan LPX standar industry, semuanya menggunakan tipe konektor main power supply yang sama (AT0. Power supply AT menggunakan 2 konektor P8/P9 terkadang disebut P1/P2, yang menghubungkan power supply AT/LPX ke motherboard.

 7. KONEKTOR POWER UTAMA ATX
            Konektor utama ke motherboard adalah Molex Mini-Fit, Jr atau sering disebut ATX-style connector 20 pin.
     Perbedaan antara PS AT dan PS ATX adalah sebagai berikut:
a.      Dengan PS ATX anda bias mematikan komputer melalui sistem oprasi karena power on/off-nya dikendalikan oleh motherboard sementara pada PS AT harus dilakukan secara manual melalui tombol/switch.
b.      Selain itu pada PS tipe AT, kabel power ke motherboard terpisa dengan pin 8 dan pin 9.
c.       Pada tipe ATX, konektor dari PS ke motherboard tidak terpisa (satu konektor).
 8. KONEKTOR POWER ATX 12V
     Power bagi prosesor dating dari alat yang dsebut  Voltage Regulator Module (VRM) yang buil-in pada kebanyakan motherboard modern. Alat ini mendeteksi dengan standar tegangan listrik CPU untuk bias aktif. VRM saat ini di desain dengan masukan power tegangan sebesar 12 volt (dulu hanya 5 volt).
 9. KONEKTOR POWER ATX AUXILIARY
     Konektor Auxiliary adalah konektor 6 pin tipe Molex dan konektor ini bisanya disusun untuk mencegah kesalahan dalam penyambungan. Agar dapat memperoleh power yang cukup dari power supply pada motherboard, Intel mencoba memodifikasi spesifikasi ATX dengan menambahkan konektor power auxiliary kedua dengan power yang lebih tinggi sehingga mampu mengendalikan motherboard ATX dan power supply 250 watt atau yang lebih tinggi.
 10. DESAIN ATX DELL PROPRIETY (NON-STANDARD)
     Pengguna PC desktop buatan Dell tahun 1996-2000 menghadapi dilema ketika akan meng-up-grade PC-nya karena mothherboard dan power supply-nya telah dirancang hanya cocok untuk produk tersebut. Dell menggunakan power supply khusus yang meniru pin-uot konektor power motherboard non-standar . konektor-konektor tersebut disusun mirip model ATX sehingga memungkinkan konektornya ditancapkan pada motherboard ATX lain. Akan tetapi jika hal ini anda lakukan maka bersiaplah menemukan PC-goreng atau chip panggang di motherboard atau power supply.

No comments:

Post a Comment